Kamis, 08 Desember 2011

Blender


Adalah sebuah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan.

Targetnya adalah profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya. Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing. 

Fitur termasuk: 
  • Model : Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
  • Rigging : Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
  • Animasi : animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
  • Rendering : raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
  • UV unwrapping : Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
  • Shading : membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
  • Fisika dan Partikel : sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
  • Imaging dan Komposisi : multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
  • Realtime 3D/Game Penciptaan : editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio 

A. Model yang akan saya buat adalah pembuatan kombinasi untuk menghubungkan listrik, model ini saya pilih karena saat saya akan memulai membuat model saya melihat kombinasi tersebut ketika akan menghidupkan perangkat saya. 

B. Fitur yang digunakan pada model saya ini antara lain :
  • Cylinder, terdapat pada menu Add. Fungsinya untuk membuat objek berupa tabung/silinder.
  • Lamp, terdapat pada menu Add. Fungsinya untuk menambahkan pencahayaan pada objek.
  • Duplicate, terdapat pada Object Tools. Fungsinya untuk membuat objek yang sama, perintah ini sama dengan perintah copy/salin.
  • Join, terdapat pada Object Tools. Fungsinya untuk menggabungkan beberapa objek menjadi satu kesatuan.
  • Rendering, terdapat pada menu utama. Fungsinya untuk membuat objek tersebut menjadi objek yang nyata. 
C. Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan Blender 

1. Setelah masuk ke aplikasi Blender biasanya pengguna akan menemukan tampilan standar berupa kubus 



2. Tetapi karena saya akan membuat kombinasi colokan listrik maka kubus tersebut akan saya hapus dan menggunakan objek silinder dengan menggunakan cara sebagai berikut 



3. Setelah kita meng-klik pilihan tersebut maka pindahkan arah penglihatan kita menggunakan numpad 1


lalu rubah ukuran silinder tersebut dengan cara klik kanan pada objek lalu klik huruf r dan klik ctrl+z 


4. Tambahkan objek silinder lagi tetapi posisinya putar 90­ derajat terhadap objek silinder yang pertama dengan cara klik kanan pada objek lalu Alt+d untuk membuat duplikat objek lalu pilih huruf r sehingga gambarnya seperti berikut 


5. Gunakan perintah yang sama untuk membuat objek tambahan pada bagian atas objek seperti dibawah ini 


6. Tambahkan objek lainnya untuk membuat besi yang nantinya digunakan untuk disambungkan ke aliran listrik menggunakan objek yang sama yakni silinder sehingga nantinya gambar tersebut akan seperti dibawah ini 


7. Jika anda melihat gambar diatas terlihat ada 4 buah titik hitam, itu adalah sebuah lampu pada blender yang fungsinya untuk menerangkan objek yang dibuat, sehingga nantinya ketika objek yang dibuat dirender akan menjadi seperti dibawah ini 


Sumber :