Kamis, 12 April 2012

Unsur pembuatan Game (Part. 2)


Blog ini adalah terusan dari blog saya sebelumnya yaitu tentang unsur-unsur game, baik langsung saja kita bahas.

  • Type Writer (Jenis Tulisan) ==> Untuk membuat suatu game yang menarik dibutuhkan jenis tulisan yang menarik. Tidak hanya itu tapi juga warna dan penempatan tulisan-tulisan pada interface-nya. Mengapa demikian? Karena tulisan adalah salah satu unsur dari keindahan suatu game. Keindahan suatu game dilihat dari interface-nya, apakah cocok dengan jenis gamenya.


  • Programmer ==> Programmer adalah seseorang yang membuat suatu program untuk digunakan sendiri atau oleh banyak orang yang siap pakai. Program yang dibuat oleh seorang programmer tidak hanya berupa aplikasi kantoran, tapi juga aplikasi yang animasi yang nantinya bisa dikembangkan menjadi sebuah game. Peran programmer diantaranya mengenal permasalahan, menganalisa permasalahan, membuat rancangan system, menulis program, Kompiling (memeriksa aturan penulisan) dan Linking (menggabungkan object-object menjadi satu program yang utuh), menjalankan program, pembuatan dokumentasi.


  • Koordinator ==> Koordinator adalah seorang yang bertugas mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.  Koordinator juga harus dapat mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.



Dengan demikian menurut saya unsur-unsur tersebut harus ada pada setiap pembuatan game. Pembuat game harus bisa membuat konsep game yang akan dibuat, meliputi konsep jalan cerita, konsep karakter yang akan ada pada game tersebut, jenis tulisan yang akan digunakan, programmer yang handal dan kooordinator yang dapat mengatur cara kerja pada tim pembuat game. Karena dengan adanya unsure-unsur tersebut pembuat game dapat membuat game yang menarik, yang mungkin banyak disukai orang khususnya para gamer.


Unsur pembuatan Game (Part. 1)


Seperti yang pernah saya bahas pada blog saya sebelumnya, game adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang kompleks yang didalamnya terdapat peraturan dan sasaran. Dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan cara permainan. Game bertujuan untuk menghibur, melatih otak. Biasanya game banyak disukai oleh anak - anak hingga orang dewasa. Namun bagaimana tahap-tahap terbentuknya suatu game? Apakah dengan hanya membuat suatu karakter dan peraturan permainannya saja? Atau masih ada lagi hal yang harus dipersiapkan?

Didalam suatu tahap pembuatan game terdapat beberapa unsur dan proses, diantaranya :

  • Story (Cerita) ==> Game tidak hanya terbentuk oleh suatu imajinasi yang dibuat oleh seseorang, tapi juga ada cerita yang mendasari adanya game tersebut. Bukan hanya itu, pada suatu game haruslah ada story (cerita) yakni jalan/alur game yang dibuat. Misalnya saja game ber-genre petualangan, pada game petualangan pasti terdapat suatu jalan cerita. Dimana semakin panjang jalan ceritanya maka biasanya semakin sulit dan menarik pula untuk dimainkan. Pembuat game biasanya membuat jalan cerita gamenya sedikit demi sedikit menyulitkan gamer untuk memainkannya, dan semakin sulit dimainkan maka biasanya gamer akan semakin penasaran untuk memainkannya.

  • Character (Karakter) ==> Didalam sebuah permainan, tentu saja ada karakter yang dimainkan. Tidak mungkin kan kita bermain langsung dengan perangkat kita? Perangkat kita hanyalah perantara antara dunia nyata dengan dengan dunia visual. Pembuatan karakter dibuat untuk membuat para gamer dapat memilih karakter yang mereka suka. Biasanya jika pada suatu game terdapat beberapa karakter, karakter-karakter tersebut memiliki ciri-ciri khusus, kemampuan yang berbeda-beda dan penampilan yang berbeda pula.