Kamis, 24 Januari 2013

E-Commerce


E-Commerce (Electronic Commerce), adalah pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya. E-commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), sistem manajemen persediaan, dan otomatis pengumpulan data sistem. Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di satu titik dalam siklus hidup-transaksi itu, meskipun mungkin mencakup lebih luas teknologi seperti e-mail, perangkat mobile media sosial, dan telepon juga.
Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis. Hal ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.
E-commerce dapat dibagi menjadi:
  • E-tailing atau "etalase virtual" di situs Web dengan katalog online, kadang-kadang berkumpul menjadi "mal virtual"
  • Pengumpulan dan penggunaan data demografis melalui kontak Web dan media sosial
  • Electronic Data Interchange (EDI), pertukaran bisnis-ke-bisnis data
  • E-mail dan faks dan penggunaannya sebagai media untuk menjangkau prospek dan pelanggan ditetapkan (misalnya, dengan newsletter)
  • Bisnis-ke-bisnis jual beli
  • Keamanan transaksi bisnis

Bedah website tokobagus.com
Saat ini sudah banyak e-commerce yang aktif di Indonesia, salah satunya tokobagus.com. Dan berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai website tokobagus.com tersebut.

Ketika pertama kali mengakses situs tokobagus.com, terdapat menu Login, Daftar, Pasang Iklan Gratis, dan pilihan untuk mencari item yang hendak dicari. Seperti yang kita ketahui, Login berguna untuk masuk ke Akun yang sebelumnya sudah dibuat. Daftar untuk mendaftar dan membuat akun di toko bagus, dan Pasang Iklan Gratis untuk membuat iklan tentang barang yang akan dijual oleh seseorang. Terakhir adalah menu pencarian barang secara spesifik, menu ini berguna untuk mencari barang secara spesifik baik dari nama, jenis, domisili penjual dsb.
diatas adalah tampilan bagi pengguna yang hendak membuat akun di tokobagus.com, atau hendak masuk ke akun yang sudah dibuat sebelumnya. namun bagi pengguna yang malas untuk membuat, mengisi data diri untuk membuat akun, pengguna dapat menggunakan akun facebooknya.
dan terakhir adalah tampilan saat pengguna hendak mengiklankan barang yang akan dijual di tokobagus.com. 

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce
http://www.tokobagus.com/

0 komentar:

Posting Komentar