Pada tahun 1947 adalah tahun pertama
di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game
sederhana ini dirancang oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann.
Aplikasi ini dipatenkan pada tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya
terdiri dari 8 vacum tubes dan mensimulasikan peluru ditembakkan pada target,
ide ini berasal dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop
disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru.
Karena pada waktu itu grafik belum bisa dibuat, target penembakan digambarkan
pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Hal ini adalah sistem
pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.
Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO
(tic-tac-toe), game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di
University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi
komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang
menggunakan CRT display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat
adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.
Tahun 1954 seorang bernama David
Rosen, melihat popularitas dari mesin permainan berbasis koin yang dilihatnya
di markas Amerika di Jepang. Oleh karena itu ia mendirikan Service Games untuk
mengeksport permainan ini ke Jepang. Pada tahun 1960an Rosen memutuskan untuk
membuat sendiri mesin permainan berbasis koin miliknya dan akhirnya membeli
Tokyo Jukebox and Slot-machine Company. Nama SEGA yang merupakan singkatan dari
kata SErvice GAmes akhirnya diadopsi menjadi nama perusahaannya.
Tahun 1958 William Higin Botham menciptakan
game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini menampilkan lapangan tenis
sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan
harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi
knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai
melewati net.
Pada tahun 1961, Steve Russell dan
kawan-kawan memprogram permainan computer berjudul Spacewar di DEC. Permainan
komputer ini akhirnya didistribusikan dengan komputer DEC dan diperdagangkan di
cyberspace primitif. Permainan komputer ini juga dipresentasikan di MIT saat
Science Open House tahun 1962.
Tahun 1972 dirilis perangkat video
game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan
televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama
harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan
Pong sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972. Berangkat dari sini,
video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja
mulai dikenal dan dipakai secara luas.
Pada tahun 1975 Will Crowther menulis
text adventure game pertama yang kita kenal sampai sekarang. Adventure (judul
aslinya Advent, dan selanjutnya disebut Collosal Cave) game tersebut diprogram
di Fortran untuk PDP-10. Pemain mengkontrol permainan dengan kalimat sederhana
seperti perintah-perintah dan nantinya akan mendapat deskripsi teks sebagai
output.
Death Race (1976) yang dikembangkan
oleh Exidy menjadi kontroversi karena kekerasan yang dimasukkan dalam permainan
komputer ini. Kontoversi ini meningkatkan awareness publik yang tidak akan
pernah berhenti untuk diperdebatkan bahkan sampai saat ini.
Pada tahun 1977 Atari mengeluarkan
home console, Atari 2600, dengan menggunakan cartidge yang banyak dikenal
sebagi media menyimpan permainan komputer sampai era tahun 2000. 9 permainan
komputer didesain dan dilempar ke pasaran untuk musim liburan.
Mistery House, rancangan ibu rumah tangga,
Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada
Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi
grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di
masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan
Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya
petualangan.
Pada awal tahun 1980-an ditandai oleh
Nintendo, Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat
yang sama dengan mengadopsi game-game popular, awal tahun 1980-an juga ditandai
dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi
populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan
multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di
pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card. Jadi, memang
terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan
teknologi pendukungnya.
Computer Games (Permainan Komputer) Game ini dimainkan lewat
bantuan alat komputer. Terdapat 5 alat yang dapat dikategorikan sebagai
komputer, yaitu :
- Expensive dedicated machine, mesin dengan cara memasukkan koin untuk memainkankannya.
- Inexpensive dedicated machine, disebut juga dengan hand held machine. Alat game watch termasuk dalam katagori ini.
- Multiprogram home, mesin seperti Atari,Nintendo termasuk dalam kelompok komputer ini.
- Personal computer
- Mainframe computer
Computer game berbeda dengan jenis
game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung
dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus
dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain
dan juga harus bersifat real time. Kompleksitas game bergantung dari kemampuan
menjelaskan aturan atau cara kerja game dan lingkungan game dalam program yang
dibuat.
Lalu ada game online, berawal dari
penemuan metode networking computer tahun 1970-an oleh militer Amerika. Pada
game online ini pertama kali menggunakan jaringan LAN atau Local Area Network
tetapi sesuai dengan perkembangan teknologi akhirnya game online menggunakan
jaringan yang lebih luas lagi seperti www (world wide web) atau yang lebih
dikenal dengan internet yang bisa diakses dengan menggunakan nirkabel, untuk
bisa memainkan game online terlebih dahulu kita harus menginstal program game
tersebut, untuk memulai game online terlebih dahulu kita harus register atau
mendaftar dan kita langsung dapat memainkannya. Bedanya dengan game offline,
dalam bermain game online kita tidak harus berpergian, kita hanya butuh duduk
di depan computer dan bisa langsung menikmati permainan. Perbedaan besar
lainnya adalah bahwa karena menghubungkan dengan internet secara global, pemain
bisa memiliki kesempatan untuk bersaing dengan dan mendapatkan teman dari
seluruh dunia. Contoh game online adalah Ragnarok Online, RF Online, Ayo Dance,
Perfect World, Yugioh! Online.
0 komentar:
Posting Komentar