Senin, 31 Mei 2010

Kebajikan

Mungkin yang terlintas dipikiran Anda kebajikan itu adalah suatu tindakan yang baik, tindakan yang membela kebenaran, suatu hal yang mungkin disenangi oleh kebanyakan orang. Ya itu semua memang ada benarnya, kebajikan adalah suatu perbuatan yang mendatangkan kebaikan. Dan pada hakekatnya sama dengan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Kita sebagai manusia memang sudah kodratnya berbuat kebaikan, dan itu merupakan dorongan dari suara hati manusia itu sendiri. Manusia adalah seorang yang pribadi, kenapa? Karena manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, cita-cita dan harapan sendiri dan sebagainya. Tapi karena itu lah kadang manusia suka mementingkan diri sendiri.
Sebagai makhluk pribadi manusia dapat menentukan sendiri apa yang baik dan apa yang buruk. Baik buruknya pun ditentukan oleh suara hati, suara hati bisa dikatakan sebagai bisikan yang mendorong seseorang untuk menentukan baik buruknya suatu perbuatan, tindakan atau tingkah laku. Misalnya perbuatan membunuh itu buruk dan jahat, maka suara hati akan mengatakan demikian. Tapi ada pula yang tidak mendengarkan suara hatinya.
Suara hati selalu membisikkan yang baik, maka jika kita melakukan sesuatu dengan mendengarkan dan mengikuti suara hati kita itu artinya kita sudah berbuat baik. Lain hal yang berlawanan dengan suara hati, maka perbuatannya akan buruk. Namun ada pula jika suara hatinya membisikkan yang baik namun orang tersebut berpura-pura tidak mendengar itu artinya orang tersebut munafik.
Kebajikan tidak hanya dilakukan dirumah saja, tapi dilingkungan sekitar rumah dan juga dilingkungan bermasyarakat. Kebajikan akan membawa kita kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan terasa oleh kita dan juga orang lain. Karena segala sesuatu yang baik itu akan membawa kita kepada kesenangan, kenyamanan, ketenangan. Oleh karena itu jadilah orang menyukai kebajikan, dan ikuti kata hati kita dalam melakukan suatu hal. Lakukan hal yang menurut suara hati kita baik, dan jangan lakukan jika suara hati kita berkata tidak baik.

0 komentar:

Posting Komentar