Kamis, 12 April 2012

Unsur pembuatan Game (Part. 2)


Blog ini adalah terusan dari blog saya sebelumnya yaitu tentang unsur-unsur game, baik langsung saja kita bahas.

  • Type Writer (Jenis Tulisan) ==> Untuk membuat suatu game yang menarik dibutuhkan jenis tulisan yang menarik. Tidak hanya itu tapi juga warna dan penempatan tulisan-tulisan pada interface-nya. Mengapa demikian? Karena tulisan adalah salah satu unsur dari keindahan suatu game. Keindahan suatu game dilihat dari interface-nya, apakah cocok dengan jenis gamenya.


  • Programmer ==> Programmer adalah seseorang yang membuat suatu program untuk digunakan sendiri atau oleh banyak orang yang siap pakai. Program yang dibuat oleh seorang programmer tidak hanya berupa aplikasi kantoran, tapi juga aplikasi yang animasi yang nantinya bisa dikembangkan menjadi sebuah game. Peran programmer diantaranya mengenal permasalahan, menganalisa permasalahan, membuat rancangan system, menulis program, Kompiling (memeriksa aturan penulisan) dan Linking (menggabungkan object-object menjadi satu program yang utuh), menjalankan program, pembuatan dokumentasi.


  • Koordinator ==> Koordinator adalah seorang yang bertugas mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan.  Koordinator juga harus dapat mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri.



Dengan demikian menurut saya unsur-unsur tersebut harus ada pada setiap pembuatan game. Pembuat game harus bisa membuat konsep game yang akan dibuat, meliputi konsep jalan cerita, konsep karakter yang akan ada pada game tersebut, jenis tulisan yang akan digunakan, programmer yang handal dan kooordinator yang dapat mengatur cara kerja pada tim pembuat game. Karena dengan adanya unsure-unsur tersebut pembuat game dapat membuat game yang menarik, yang mungkin banyak disukai orang khususnya para gamer.


0 komentar:

Posting Komentar