Selasa, 03 Juli 2012

Game Engine (Part 1)


Game Engine
Adalah sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Game engine terkemuka memberikan kerangka kerja perangkat lunak yang pengembang gunakan untuk membuat game untuk konsol permainan video dan komputer pribadi. Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render ("renderer") untuk 2D atau 3D grafis , sebuah mesin fisika atau tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, memori manajemen, threading, lokalisasi dukungan, dan grafik adegan . Proses pengembangan game sering dihemat, sebagian besar, dengan menggunakan kembali / mengadaptasi mesin permainan yang sama untuk membuat permainan yang berbeda atau untuk membuatnya lebih mudah untuk berbagai platform.


Beberapa contoh game engine :
* RealmForge
Merupakan free dan open source game engine untuk Microsoft .Net Framework dan dikhususkan pada visual3D Game Engine, merupakan cross platform game engine untuk .NET 2.0 dan Microsoft XNA. RealmForge dibangun diatas AXIOM 3D rendering engine. Di tulis dalam bahasa C# keseluruhan. Dibangun untuk pembuatan game berbasis .NET.

*Truevision3D
Merupakan game engine 3D yang dibangun dengan menggunakan visual basic 6 dan C++ dengan menggunakan Microsoft Directx API. Mulai versi 6.5, engine ini menggunakan direct 9 dan shader support, serta ditulis ulang menggunakan C++. Sampai perkembangan terbaru, belum ada wacana untuk mengembangkannya untuk mendukung penggunaan directx9 serta Microsoft XNA.

*OGRE
OGRE (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) merupakan engine yang mendukung 3D Graphic. Merupakan game engine yang fleksibel dalam melakukan 3D Rendering, ditulis dalam bahasa C++ sehingga memudahkan pengembang untuk membangun game yang mendukung 3D Graphics.

Tujuan
Game engine menyediakan sebuah suite visual alat pengembangan selain komponen perangkat lunak dapat digunakan kembali. Alat ini umumnya diberikan dalam lingkungan pengembangan terintegrasi untuk mengaktifkannya disederhanakan, perkembangan yang cepat dari game dalam data-driven. Pengembang game engine mencoba untuk "pra-invent the wheel" dengan mengembangkan kuat suite perangkat lunak yang meliputi banyak elemen diantaranya adalah game developer yang mungkin akan membangun sebuah permainan. Suite game engine menyediakan fasilitas yang memudahkan pengembangan seperti grafik, suara, fisika dan fungsi AI. Game engine ini kadang-kadang disebut "middleware" karena seperti arti dari istilah bisnis, mereka menyediakan sebuah platform perangkat lunak yang fleksibel dan dapat digunakan kembali yang menyediakan semua fungsi inti yang dibutuhkan, langsung dari kotak, untuk mengembangkan aplikasi permainan sambil mengurangi biaya , kompleksitas, dan waktu untuk ke pasaran semua faktor penting dalam yang sangat kompetitif industri permainan video. Gamebryo, JMonkey Mesin dan RenderWare adalah beberapa contoh program middleware banyak digunakan.
Seringkali, mesin permainan dirancang dengan arsitektur berbasis komponen yang memungkinkan sistem tertentu di mesin diganti atau diperpanjang dengan lebih khusus (dan sering lebih mahal) permainan middleware komponen seperti Havok untuk fisika, Miles Sound System untuk suara, atau Bink untuk video. Beberapa mesin permainan seperti RenderWare bahkan dirancang sebagai serangkaian komponen permainan longgar yang terhubung middleware yang dapat secara selektif dikombinasikan untuk menciptakan mesin kustom, bukan pendekatan yang lebih umum untuk memperluas atau menyesuaikan solusi terintegrasi fleksibel. Namun diperpanjang yang dicapai untuk tetap memprioritaskan game engine karena berbagai macam kegunaan yang mereka diterapkan. Meskipun spesifisitas dari nama, mesin permainan yang sering digunakan untuk jenis lain dari aplikasi interaktif dengan real-time kebutuhan grafis seperti demo pemasaran, visualisasi arsitektur, simulasi pelatihan, dan lingkungan pemodelan.
Beberapa mesin permainan hanya menyediakan kemampuan real-time 3D rendering bukan berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh game. Mesin ini mengandalkan pengembang game untuk melaksanakan seluruh fungsi ini atau merakit dari komponen middleware permainan lainnya. Jenis mesin biasanya disebut sebagai "mesin grafis," "mesin render," atau "mesin 3D" bukan lebih menyeluruh istilah "mesin permainan." Terminologi ini tidak konsisten digunakan sebagai banyak fitur lengkap mesin permainan 3D yang disebut hanya sebagai "mesin 3D”. Beberapa contoh mesin grafis adalah: Genesis3D , Irrlicht , Ogre , RealmForge , Truevision3D , dan Vision Engine . Permainan modern atau mesin grafis umumnya menyediakan grafik adegan, yang merupakan representasi berorientasi objek dari permainan dunia 3D yang sering menyederhanakan desain game dan dapat digunakan untuk rendering yang lebih efisien dari dunia maya yang luas.

0 komentar:

Posting Komentar