Senin, 07 Juni 2010

Kesepian

Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi, dan kesepian berarti merasa sunyi, tidak berteman. Dan setiap orang pernah mengalami kesepian, karena kesepian merupakan bagian dari kehidupan manusia. Setiap orang berbeda masa kesepian yang dialaminya, tergantung kepada mental dan penyebab kesepiannya itu.
Biasanya manusia merasa kesepian karena frustasi, dan dalam hal seperti ini orang tersebut tidak mau diganggu. Ia lebih senang menyendiri dan diam ditempat yang sunyi. Bila Anda pernah membaca postingan saya sebelumnya yang berjudul keterasingan, maka anda akan merasa bahwa keterasingan dan kesepian itu sepintas sama. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya keterasingan dan kesepian itu berbeda, namun ada hubungannya.
Kesepian itu merupakan akibat dari keterasingan, keterasingan tersebut dapat berupa perilaku sombong, keras kepala, angkuh yang menyebabkan orang tersebut dijauhi oleh orang-orang disekitarnya. Dan karena itu maka orang tersebut hidupnya terasing, jauh dari pergaulan sehingga merasa kesepian.
Sedangkan orang yang frustasi sengaja menjauhi diri dari pergaulan, dia akan bersikap rendah diri. Dari sikap rendah diri itu dia akan merasa bahwa dia kurang berharga, kurang diakui oleh orang lain. Karena itu orang tersebut lebih memilih sendiri, dan akhirnya kesepian.

0 komentar:

Posting Komentar