Minggu, 30 Mei 2010

Kekeluargaan

Saat anda membaca atau mendengar kata kekeluargaan, yang terpikir dibenak anda mungkin adalah suatu kondisi dimana berkumpulnya sebuah keluarga. Dan dimana saat itu semua anggota keluarga ada dan berkumpul pada suatu tempat. Atau mungkin ada yang berpikir kekeluargaan itu adalah sebuah sikap saat dimana sekumpulan orang berkumpul.
Tapi menurut saya tidak hanya itu, kekeluargaan tidak hanya berkumpulnya sebuah keluarga atau berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai ikatan keluarga. Melainkan sikap dimana kita dapat berkumpul pada suatu perkumpulan dimana orang-orangnya tidak hanya memiliki ikatan keluarga dengan kita, dan saat itu kita bisa bersikap menyenangkan.
Sebenarnya tidak hanya menyenangkan tapi kita dapat berbagi dengan orang-orang disekitar kita, baik itu berbagi kisah, berbagi kebahagiaan atau berbagi dalam bentuk lainnya. Kekeluargaan tidak hanya berkumpul dengan anggota keluarga tapi bisa dengan teman atau kerabat dekat kita.
Suatu kondisi bisa dikatakan kekeluargaan jika pada perkumpulan itu dapat merasakan hal yang sama satu sama lain. Misalnya merasa senang, saat kita bercerita hal yang menyenangkan dan orang-orang disekitar kita dapat terhibur disaat itu kita bisa merasa adanya kekeluargaan. Atau berbagi sesuatu, misalnya saat kita berkumpul dengan teman-teman kita bisa berbagi makanan atau minuman.
Kekeluargaan bisa dikatakan sebagai suatu kondisi dimana kita saling berbagi satu sama lain, dan bisa merasakan hal yang sama dengan kita. Saya sendiri pernah merasa adanya kekeluargaan saat berkumpul dengan teman-teman saya. Saat itu salah satu teman saya membawa makanan, semua teman yang sedang berkumpul langsung menghampiri makanan tersebut.
Saya merasa senang saat semua teman ikut memakan makanan yang dibawa tersebut. Ada hal yang menyenangkan saat itu, misalnya ada yang makan dengan lahapnya, ada yang makan dengan santai, ada yang makan sambil menangis karena kepedasan dsb. Saat itu kami semua tertawa bersama karena melihat teman-teman yang memakan dengan berbeda cara.
Itu bisa saya katakan sebagai kekeluargaan, karena saat itu kita bisa saling berbagi satu sama lain. Kekeluargaan tidak hanya berbagi suatu hal, tapi juga dapat menjadi wadah untuk mencari suatu penyelesaian atau solusi dari suatu masalah. Misalnya saat kita mempunyai masalah, kita bisa sharing dengan teman-teman dengan tujuan dapat mencari solusi dengan bercerita.
Kekeluargaan tidak hanya terjadi dengan anggota keluarga saja tapi bisa juga dengan orang-orang terdekat kita, baik teman atau kerabat. Yang jelas kekeluargaan itu bisa kita dapatkan saat kita dapat bebagi dengan orang lain dan dapat merasakan hal yang sama satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar